Senin, 20 Juli 2020

Pertemuan PERTAMA KELAS 5

Salam Olahraga

Apa kabar ananda sekalian…? Smoga kita masih tetap sehat yaa. 

Sebelum menyimak materi ikuti langkah berikut!

  1. Berdoa sebelum belajar
  2. Mengisi Presensi Kehadiran dengan cara:
  1. Menyimak materi dengan baik
  2. Untuk download materi dan melihat video bisa menggunakan aplikasi ErlBook Reader atau download di menu Materi kelas 5 dibagian atas halaman.
  3. Selamat belajar

Untuk pertemuan pertama ini kita akan mempelajari tentang sejarah sepak bola dan tehnik dasar menendang sepak bola mini.

Pendidikan Jasmani Olahraaga dan Kesehatan

Pertemuan 1

Semua orang pasti tahu dan sering memainkan sepak bola. Ya, sepak bola banyak disukai oleh masyarakat. Anak-anak maupun orang dewasa senang memainkannya. Sepak bola termasuk permainan olahraga yang murah dan untuk memainkannya kita hanya membutuhkan lapangan atau halaman dan bola.

Dalam pelajaran kali ini kita akan mempelajari tentang sepak bola lebih banyak lagi dari yang kalian ketahui dan juga kita akan mempelajari sepak bola yang di modifikasi.

A.           Sejrah Sepak Bola

Sejarah olahraga sepak bola (permainan menendang bola) dimulai sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di Tiongkok Pada masa Dinasti Han , masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.

Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dengan menetapkan peraturan-peraturan dasar dan menjadi sangat digemari oleh banyak kalangan. Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola. Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut. Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola (soccer). Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelautpedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Pada tahun 1904.

Asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara. olahraga ini juga digemari terutama mulai abad ke-16. Sedangkan induk organisasi sepak bola di Indonesia adalah PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia). PSSI berdiri pada tanggal 19 April 1930 dengan nama awal Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia. Ketua umum pertamanya adalah Ir. Soeratin Sosrosoegondo.

Nah untuk pembelajaran sepak bola tingkat sekolah dasar, ada modifikasi tersendiri dalam permainan ini. Permainannya tidak jauh berbeda dengan pada umumnya hanya sedikit perbedaan nama yaitu menjadi sepak bola mini.

B.            Pengertian Sepak Bola Mini

Sepak bola termasuk dalam olahraga permainan bola besar. Dalam perkembangannya sepak bola terdapat beberapa modifikasi permainan diantaranya adalah futsal dan sepak bola mini. Sepak bola mini merupakan modifikasi dari sepak bola standar. Arti modifikasi sendiri adalah pembaruan atau penyesuaian pada penggunanya. Sepak bola mini ditujukan untuk dimainkan anak-anak usia sekolah dasar dengan bentuk lapngan dan peraturan yang juga disesuaikan untuk anak sekolah dasar. Tujuan dari permainan sepak bola adalah untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya.

C.            Tehnik Dasar

1.      Mengoper atau mengumpan (passing)

Menendang bola adalah tehnik yang paling sering digunakan dalam bermain sepak bola. Tujuan utama menendang adalah untuk mengoper/mengumpan (passing), dan menembak ke arah gawang (shooting). Passing dapat dilakukan dengan 3 cara:

·         Passing dengan punggung kaki (kura-kura kaki)

·         Passing dengan kaki bagian dalam.

·         Passing dengan kaki bagian luar.

a.      Passing dengan punggung kaki (tendaangan kura-kua kaki)

Tendangan ini umumnya untuk menembak ke arah gawang (shooting). Punggung kaki posisinya adalah sisi telapak kaki bagian atas.

·         Tubuh berdiri menghadap bola ambil awalan untuk menendang.

·         Letakan salah satu kaki disisi bola sebagai tumpuan.

·         Tarik salah satu kaki ke belakang untuk mengambil awalan menendang.

·         Ayunkan kaki tepat mengenai bagian tengah bola.

·         Gunakan punggung kaki yang dihadapkan ke depan untuk menendang bola.

·         Arahkan bola ke sasaran yang kamu tuju.


Gambar menendang dengan punggung kaki

b.      Passing Kaki Bagian dalam

Kaki dalam adalah bagian sisi kaki yang sejajar dengan jempol kaki. Tendangan ini paling sering digunakan atau dilakukan dalam sepak bola, biasa digunakan untuk tendangan jarak pendek.

·         Letakkan kaki kiri berada disisi bola dan kaki kanan dibelakang dengan sedikit ditekuk.

·         Pandangan ke arah bola dan badan sedikit condong ke belakang.

·         Sisi kaki bagian dalam digunakan untuk menendang bola.

·         Ayunkan kaki kanan dan tendang bola tepat tepat pada bagian tengahnya.

·         Ujung kaki di ayukan menghadap keluar.


Gambar menendang kaki bagian dalam

 

c.       Passing Kaki Baian Luar

Kaki luar adalah bagian sisi kaki yang sejajar dengan jari kelingking kaki. Tendangan ini sering digunakan atau dilakukan dalam sepak bola, biasa digunakan untuk tendangan jarak pendek.

·         Salah satu kaki berada disisi bola.

·         Pandangan ke arah bola.

·         Sisi kaki bagian luar digunakan untuk menendang bola.

·      Ujung kaki di ayukan menghadap dalam.

Gambar menendang kaki bagian luar

Kode Absen Postingan Pertemuan ini: 1001


Download lengkap materi dan videonya silahkan masuk ke menu  MATERI dibagian atas  yaaa!!!

SETELAH INI silahkan kerjakan tugas yang ada pada menu T HARIAN KELAS 5  di baigian atas juga ya menunya..!!





 

0 komentar:

Posting Komentar